Manado (ANTARA) - Forum JNE Peduli memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulawesi Utara (Sulut) bila ingin mendirikan perseroan perorangan (PT).

"Untuk itu, kami melaksanakan kegiatan sosialisasi dan fasilitasi pendirian perseroan perorangan bagi UMKM Sulut," kata Kepala JNE Cabang Utama Manado Julianus Barthen, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulut dan Kanwil Kemenkumham Sulut yang disponsori oleh Kantor JNE Cabang Utama Manado.

Barthen menjelaskan UMKM Sulut akan terus meningkatkan hasil produknya dan lebih memperluas jaringan pemasaran dan dipercaya oleh konsumen.

Kepedulian JNE kepada UMKM, katanya, merupakan wujud dukungan pengembangan UMKM Sulut dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang UMKM Jendry Sualang, mengapresiasi kegiatan tersebut karena disamping mendorong UMKM naik kelas,  juga ada nilai tambah bagi usaha UMKM tersebut.

Kanwil Kemenkumham Sulut melalui Kabid Layanan Hukum Aswan Idrak mengatakan fasilitasi pendaftaran penerbitan yang dilakukan secara online merupakan amanat dari UU No.11 Tahun 2020.

"Salah satu outputnya memberi pelayanan kepada pelaku UMKM utk lebih diberdayakan agar UMKM bisa menambah omset produknya," jelasnya.

Pihak penyelenggara Forum JNE Peduli UMKM Franky Legi mengatakan kegiatan ini sangat membantu UMKM Sulut yang diikuti  30 peserta dari lima kabupaten/kota.

Lewat kegiatan ini, katanya, 20 UMKM terfasilitasi dalam mendapatkan sertifikat pendaftaran pendirian perseroan perorangan.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024