"Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia" Ir. Soekarno.

Bayangkan dari kata-kata Bung Karno tersebut, 10 pemuda saja bisa mengguncangkan dunia apalagi kita pemuda Indonesia yang tak terhitung jumlahnya mungkin bisa "membelah dunia". Makna apa sebenarnya yang bisa kita petik dari kata-kata Bung Karno tersebut ?.

Indonesia memiliki sekitar 40 juta anak muda berusia 15-25 tahun. Jumlah ini sangat banyak dibandingkan dengan keseluruhan penduduk di negara lain seperti Singapura atau Malaysia.

Dengan jumlah sebanyak ini, anak muda memiliki peran yang penting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Berbagai momen-momen bersejarah di Indonesia seperti Sumpah Pemuda, Proklamasi, dan Reformasi ’98 merupakan sedikit contoh konkret peran anak muda bagi Indonesia.

Hal ini menunjukkan anak muda tidak bisa hanya diam dan menunggu sampai Indonesia menjadi lebih baik, tapi anak muda dengan segala potensi dan passion yang mereka miliki masing-masing dapat membentuk sebuah kesatuan untuk menciptakan perubahan bagi Indonesia

Karena peran tersebut, anak muda harus memiliki kebebasan berpendapat dan dihargai akan segala pemikiran mereka. Maka dari itu, Indonesian Youth Conference (IYC) hadir sebagai wadah bagi anak muda untuk dapat menyuarakan pendapatnya, menambah wawasan tentang segala aspek di Indonesia, dan untuk bekal anak muda mempersiapkan masa depannya.

IYC adalah sebuah kegiatan tahunan yang merupakan hasil dari dorongan rasa yakin dengan potensi yang dimiliki oleh anak muda sekarang, bahwa pergerakan anak muda memiliki peran yang sangat penting bagi masa depan bangsa yang lebih baik.

Saya berbangga ketika menjadi Duta Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara dalam IYC, dengan membawa nama Provinsi tercinta, saya bisa memperkenalkan keanekaragaman budaya dan pariwisata di Sulut bahkan saling berbagi pengetahuan dengan Duta dari Provinsi lain.

Setelah mengikuti forum IYC, saya bisa mengajak seluruh anak muda Sulut untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dan harus menjadi pribadi yang berani untuk berbicara dan membawa perubahan di Provinsi tercinta Sulawesi Utara. @antarasulutcom.

Pewarta : Fista Sambuari
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024