Manado, (Antara Sulut) - Asisten Deputi Pengolahan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH-RI), Sudirman, mengatakan Manado harus berpacu untuk mendapatkan adipura kencana 2013.

"Secara umum Manado harus berpacu cepat, kalau begini berat," kata Sudirman, usai pemaparan adipura kencana di Manado, Jumat siang.

Sudirman mengatakan, kalau dilihat dari topografinya Manado itu sangat bagus, sudah banyak pohon dan airnya relatif bersih, tetapi kalau tidak dikelola dengan baik maka posisinya terancam.

Sudirman menjelaskan, dalam waktu singkat Manado harus bisa berubah menjadi lebih cantik dari sebelumnya, sehingga nilainya bagus, karena untuk mendapatkan adipura kencana syaratnya, harus cantik dan rapi, serta didukung berbagai parameter utama seperti hemat energi.

"Manado harus bagus di semua sisi, terutama harus menjadi `sustainable city` atau harus hemat energi," kata Sudirman.

Ia mengatakan sebagai kota hemat energi, Manado minimal harus menggunakan bahan hemat energi untuk lampu lalu lintas, lampu taman dan di luar gedung dengan memanfaatkan tenaga matahari atau solar cell, bukan hanya sekadar dipenuhi bunga saja.

Namun mengenai udara dan air Manado, Sudirman mengatakan, masih bagus, karena banyak pohon serta kondisi air PAM masih bagus, juga sudah memiliki biopori, serta memiliki hutan kota.

"Selain itu, pengolahan sampah harus sangat bagus, tidak dibuang sembarangan, dikelola dalam bank sampah dan ada yang dijadikan sebagai kompos sebab nilai ekonomisnya tinggi," kata Sudirman.

Wakil Wali Kota Manado, Harley Mangindaan mengatakan, mengajak seluruh jajarannya untuk semangat melakukan perbaikan, bukan hanya sekadar bersih, tetapi harus ditingkatkan lagi.

"Jangan bangga hanya dibilang baik, tetapi harus lebih dari itu, bersih, indah, kualitas air dan udara harus bagus serta penataan jalan dan TPA harus bagus, agar adira kencana tetap di tangan kita," kata Mangindaan. @antarasulutcom.

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024