Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado beserta jajaran terus melaksanakan "Serbuan Vaksinasi Maritim COVID-19" dalam rangka membentuk kekebalan komunal dari penularan virus itu.

Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya di Manado, Rabu (8/12), mengaku tak pernah berhenti menginstruksikan jajaran agar tetap melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat maritim.

"Hal ini merupakan aplikasi dari perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL guna mendukung program pemerintah dalam penanganan COVID-19," katanya.

Vaksinasi dilaksanakan jajaran, antara lain Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo dengan mengerahkan sejumlah tenaga kesehatan.

Pada kegiatan yang digelar di Kantor Kelurahan Dungingi dengan empat vaksinator dari BP Gorontalo dan puluhan pendukung dari Lanal Gorontalo berhasil memberikan vaksin kepada 219 orang dengan rincian 104 orang dosis pertama dan 115 orang dosis kedua dengan menggunakan jenis vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Di Balai Kesehatan (BK) Lanal Tahuna mengerahkan lima vaksinator dan puluhan pendukung memberikan vaksinasi kepada 30 orang dengan jenis vaksin Sinovac dan Astrazeneca di antaranya lima orang dosis pertama dan 25 orang dosis kedua.

Di Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Bitung juga dilakukan vaksinasi kepada lima orang menggunakan vaksin jenis Sinovac,

"Serbuan Vaksinasi Maritim" Lanal Tolitoli dilaksanakan di Kantor Desa Galumpang, Tolitoli berhasil memberikan vaksinasi kepada 61 orang dengan rincian 35 orang dosis pertama dan 26 dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Moderna.

Dalam vaksinasi COVID-19 di beberapa tempat jajaran Lantamal VIII, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sampai dengan selesai pelaksanaan vaksinasi tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024