Minahasa Tenggara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meminta warga di daerah itu mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi selama beberapa hari terakhir.

"Wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara adalah daerah rawan bencana dan saat ini dalam kondisi waspada," kata Kepala BPBD Minahasa Tenggara, Johny Kolinug di Ratahan, Selasa.

Dia mengungkapkan semua instansi diwajibkan untuk siaga guna melakukan penanganan jika terjadinya bencana di wilayah tersebut.

"Seluruh instansi yang berkaitan dengan penanganan bencana harus tetap siaga. Apalagi kondisi cuaca saat ini tidak menentu," katanya.

Selain itu, ia mengingatkan seluruh jajaran di desa dan kelurahan langsung berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan ketika terjadi bencana alam.

"Koordinasi sangat penting jika terjadi bencana di setiap wilayah. Ini dimaksudkan agar penangan bisa dilakukan dengan cepat," katanya.

Ia juga memastikan bahwa pihaknya tetap bersiaga mewaspadai terjadinya bencana di sejumlah wilayah di Minahasa Tenggara.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024