Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kodim Sangihe menggelar perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Semester II Tahun Anggaran 2021  dilaksanakan di lapangan Malaesang Kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

"Kegiatan perkemahan diikuti oleh siswa siswi SMK N 1 Tabukan Tengah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah untuk menghindari penyebaran COVID-19," kata Pasiter Kodim 1301/Sangihe Kapten Chb Celcius T Wangka  di Tahuna, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan kemah pramuka ini  bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara di kalangan siswa.

"Kemah pramuka dilaksanakan dengan mengusung tema 'Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui pembinaan pramuka saka wira kartika guna membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan'," kata dia.

Tugas pokok dari gerakan pramuka, kata dia adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Peserta kemah pramuka tersebut juga akan diberikan materi PBB, navigasi darat dan penanggulangan bencana, sebagai bekal nantinya dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat.

"Pembinaan Saka Wira Kartika diselenggarakan setiap semester dan lokasi pelaksanaannya secara bergilir di setiap kecamatan," kata dia.

Kepala Sekolah SMK N 1 Tabukan Tengah, Yolanda Dalope, mengapresiasi kegiatan perkemahan pramuka saka wira kartika yang di selenggarakan oleh Kodim 1301/Sangihe.

"Kami siap mendukung kegiatan kemah pramuka ini sebab sangat baik dan memberi nilai positif bagi siswa untuk belajar disiplin dan membina mental mereka," kata Dalope.

Selain itu, juga untuk menghidupkan kembali kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah, sehingga dapat membentuk karakter dan kepribadian mereka agar kelak menjadi regenerasi penerus bangsa yang tangguh dan berkualitas, tambah dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024