Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengharapkan pengurus Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA) mampu mewujudkan kerukunan hidup bersama masyarakat di daerah itu. 

"BKSAUA kiranya bersama-sama pemerintah dan rakyat, terlebih khusus di Kabupaten Minahasa, dapat mewujudkan kerukunan yang bersinergi," kata dia di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (25/11).

Ia mengatakan bahwa hal itu merupakan komitmen yang kuat bagi para tokoh-tokoh agama dalam menciptakan situasi yang rukun, damai, dan tenteram di Minahasa dan Sulawesi Utara pada umumnya.

Begitu juga BKSAUA, katanya, bersama-sama menciptakan toleransi dan kerukunan hidup masyarakat di daerah itu.

Dia mengatakan kerukunan umat beragama di Sulut telah diakui di Indonesia.

Terbukti, katanya, setiap tahun Provinsi Sulut menjadi salah satu daerah yang paling toleran di Indonesia.

Hal itu, katanya, tentu tak lepas dari kerja keras dari para tokoh agama dan pemimpin agama karena mereka sebagai panutan masyarakat.

Belum lama ini, berlangsung pelantikan pengurus Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Provinsi Sulawesi Utara dilakukan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Gubernur Olly Dondokambey mengatakan peran BKSAUA yang sudah ada di Sulut sejak tahun 60-an penting karena secara langsung berkoordinasi dengan Pemprov Sulut.

 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024