Manado, (Antara Sulut) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Manado Sulawesi Utara, menyalurkan 48.006 kondom di seluruh outlet di daerah itu selang April-Juni 2012.

"Kondom yang kami bagikan ini diberikan ke seluruh cafe yang ada di Manado, TKB, sepanjang boulevard dan semua lokasi rawan penularan," kata Pengelola program KPA Manado, Umar Mato, di Manado, Rabu.

Mato mengatakan, pada April 2012 lalu KPA menyalurkan 11.984 buah kondom, kemudian Mei sebanyak 13.476 dan Juni 2012 sebanyak 20.568 secara gratis ke seluruh outlet tersebut.

Menurut Mato, untuk triwulan kedua ini, target kondom yang akan disalurkan sebanyak 45.218, baik untuk heteroseksual maupun sesama jenis.

"Langkah ini kami lakukan untuk pencegah penularan HIV/AIDS dari para pekerja seks komersil dan pengguna jasa, agar tdak menjadi korban," kata Mato.

Mato mengatakan, cara yang ditempuh KPA membagikan kondom ini, dianggap cukup berhasil, karena bisa menekan penularan virus ini, sehingga yang ditemukan itu adalah AIDS bukan lagi kasus baru.

"Kita juga membagikan kondom ke semua cafe dan lokasi-lokasi mangkalnya para PSK ini, dilakukan sesuai dengan petunjuk KPA pusat,supaya daerah bisa menekan temuan kasus baru," kata Mato.

Mato mengatakan data di KPA Manado, jumlah orang yang sudah terinfeksi HIV/AIDS ini sebanyak 412 orang dan banyak yang masih berusia produktif. @antarasulutcom.

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024