Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani, khususnya petani milenial di daerah setempat dengan menyerahkan bantuan uang tunai melalui program "Yess".

"Dana yang bersumber dari dana internasional yakni International Fund for Agricultural Development (IFAD) bertujuan merespon bencana kelaparan," kata Bupati Tanah Bumbu melalui Asisten Administrasi Umum H Andi di Batulicin Senin.

Pemkab Tanah Bumbu menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan multi rapat DMSF, sekaligus penyerahan bantuan program YESS II, di Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021.

Dikatakan, program YESS ini merupakan salah satu program yang berupaya untuk melahirkan wirausaha muda, di bidang pertanian.

"Seperti yang kita ketahui bersama, Pemda terus berupaya untuk melakukan regenerasi petani, baik melalui peningkatan kualitas pendidikan tinggi, maupun modernisasi pertanian," ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya bantuan usaha dari program YESS ini, dapat memberikan inovasi maupun terobosan baru bagi generasi muda, dan regenerasi petani pedesaan, terkhusus di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu juga dapat dijadikan modal utama dalam pembangunan pertanian, yang tentunya akan melahirkan tenaga kerja, serta wirausahawan muda pertanian.

"Melalui program ini para petani milenial dapat mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri di Bumi Bersujud," pungkasnya.

Sementara itu, program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS) yang dibangun Kementan bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) tersebut sudah berjalan sejak 2019. Program ini bertujuan melahirkan wirausaha milenial di bidang pertanian.

Pewarta : Imam Hanafi/sujud mariono
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024