Manado, (Antara Sulut) - Bunaken Jazz Festival, akan digelar di Manado pada 31 Agustus hingga 2 September 2012, dengan menampilkan sejumlah artis jazz ternama.

"Festival ini bernama Bunaken jazz festival dan nantinya akan melibatkan artis nasional," kata Ketua Panitia Tommy Bernadus, di Manado, Sabtu.

Bernadus mengatakan artis yang akan diundang panitia itu antara lain, Barry Likumahuwa Project (BLP), Funky Thumb yang akan tampil bersama dengan Tompi, Syaharani dengan grupnya ES:QIEF, Yovie Widianto Fusion, Raisa, The Fingers, dan Monita Tahalea.

Bernadus menambahkan selain musisi jazz nasional, akan tampil juga musisi lokal dari Sulawesi Utara, seperti Kolintang Jazz.

"Festival jazz ini bertujuan untuk mempromosikan Sulawesi Utara dan kota Manado sebagai tujuan wisata, karena Jazz Festival hingga saat ini menjadi bagian dari upaya mempromosikan daerah sebagai tujuan wisata," kata Bernadus.

Festival ini juga merupakan kampanye "Save Bunaken" serta upaya memberikan edukasi mengenai musik jazz kepada masyarakat Sulawesi Utara.

Bernadus menjelaskan jazz lahir dari penggabungan berbagai jenis musik dari Afrika dan Eropa, dengan warna Latin, kini telah menjadi salah satu music yang digemari oleh berbagai kalangan.

"Genre Jazz, dipercayai sangat fleksibel sehingga bisa berbaur dengan genre music lain, baik itu modern atau tradisional, dan kini tidak hanya besar di Amerika Serikat, tetapi sudah merambah ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia," kata Bernadus.

Festival musik Jazz tersebut merupakan yang pertama kali akan diselenggarakan di Manado.

Dengan tema "When Jazz Goes to North Sulawesi", festival musik jazz ini akan menampilkan warna warni musik Jazz, baik dari fusion, funk, swing, jazz dengan nuansa Hip Hop dan jenis lainnya, sehingga festival ini merupakan A Colorful Jazz Festival. @antarasulutcom.

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024