Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Lily Reskia mengimbau warga masyarakat di daerah itu agar mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kami mengimbau semua warga masyarakat di Kabupaten Sangihe agar mewaspadai penyakit demam berdarah dengue," kata Lily Reskia di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, saat ini sudah ada beberapa orang warga yang menderita sakit demam berdarah sehingga harus dirawat di rumah sakit umum daerah Liungkendage Tahuna.

"Sembilan orang warga saat ini sementara dirawat di rumah sakit karena menderita demam berdarah," kata dia.

Dinas Kesehatan sementara melaksanakan pengasapan atau fogging di lokasi yang ada kasus, namun upaya ini hanya membasmi nyamuk yang besar sementara jentik nyamuk tidak mati.

"Kami minta keterlibatan semua masyarakat untuk membasmi jentik nyamuk dengan cara membuang dan menguras setiap wadah yang menjadi tempat bertelurnya nyamuk seperti ban bekas dan lain sebagainya," kata dia.

Dia juga meminta agar semua masyarakat membersihkan lingkungan masing-masing agar tidak ada tempat bagi nyamuk untuk bertelur.

"Kalau semua warga melakukan program 3M yaitu menguras dan membuang serta menutup tempat air maka nyamuk penyebab demam berdarah tidak dapat berkembang," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024