Manado, (Antara Sulut) - Koran sisipan untuk daerah perbatasan "Indonesia Kini" yang diterbitkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, Perum LKBN Antara dan Tribun Manado, kembali hadir secara gratis di daerah perbatasan, Rabu (16/5).

Koran edisi kedua tersebut menampilkan sejumlah artikel diantaranya "TKI Harus Tetap Dibela", "Pemerintah Siapkan Konversi Ke Gas", "Ekspor Nasional Terus Tumbuh", "Produksi Beras Terus Digenjot", "Mikrohidro Oase Di Perbatasan", "Pesona Pananualeng", " sosok Putri Tomohon 2012, Nikita Lengkey dan perjuangan guru di daerah perbatasan, Dorkas Kaengke.

Tentang kehadiran "Indonesia Kini" di perbatasan, Pemimpin Redaksi Indonesia Kini, Akhmad Kusaeni mengatakan daya dorong dan pengarus pers pada pembangunan di kawasan perbatasan sungguh masih sangat terbatas.

"Jika kita periksa peredaran koran di wilayah beranda terdepan negara, kurang lebih 80 persen rakyat di Sangir dan Talaud yang berbatasan dengan Filipina tidak tersentuh oleh Kompas, Media Indonesia, Tempo, Republika dan koran-koran nasional lainnya," katanya.
  
Padahal, ujar mantan Kepala LKBN Antara Biro New York tersebut, jika hendak sungguh-sungguh memodernisasi daerah perbatasan  80 persen warga yang hidup di garda terdepan tersebut harus dibawa ke era kemajuan, era ilmu dan teknologi modern, ke dalam era informasi yang canggih.

"Tugas maha berat ini tidak bisa dilakukan oleh pers yang diterbitkan di kota besar, karena hanya sedikit rakyat perbatasan yang baca koran atau media yang diterbitkan di Jakarta," katanya.

Oleh karena itu, ujar Akhmad Kusaeni, Perum LKBN Antara terpanggil untuk memajukan daerah perbatasan dengan menerbitkan Indonesia Kini yang menjadi sisipan koran lokal.

Sementara itu Kepala LKBN Antara Biro Sulawesi Utara, Agus Setiawan, mengharapkan agar kehadiran koran Indonesia Kini tersebut memberi nilai tambah (value added) bagi masyarakat Sangihe dan Talaud agar memiliki kesetaraan dalam akses informasi dan akses kebijakan dari pemerintah. 

"Koran ini dicetak 5.000 eksemplar dua Minggu sekali dan disisipkan lewat distribusi Tribun Manado," katanya.

Koran perbatasan Indonesia Kini juga bisa diakses melalui internet melalui akses di e-paper http://manado.tribunnews.com/indonesiakini/. 

Selain terbit di Manado, koran Indonesia Kini juga terbit di Pontianak, Kalimantan Barat dan Kupang, Nusa Tenggara Timur. @antarasulutcom.



 





 

Pewarta : Karel Polakitan
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024