Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan gerakan bersepeda dalam bekerja bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat.

Secara simbolis peluncuran gerakan bersepeda dipimpin Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo (Bowo), di halaman Kantor Setda Temanggung, Jumat, diikuti para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan ASN.

Bowo mengatakan saat ini kondisi pandemi sudah agak mereda, meskipun Temanggung masih masuk level 3 karena capaian vaksinasi yang masih kurang.

Ia menuturkan berdasarkan informasi terakhir Satgas COVID-19 kini sudah mencapai 50 persen lebih. Namun demikian, tidak boleh lengah tetap harus menerapkan 5M dan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Salah satu hidup sehat itu adalah dengan berolahraga, agar daya imun tubuh semakin meningkat, semakin baik, sehingga pandemi di Kabupaten Temanggung ini benar-benar bisa ditangkal dan dicegah," katanya.

Ia menyampaikan dengan olahraga bersepeda yang dicanangkan hari ini, setiap hari Jumat ASN yang jarak rumah sampai kantor tidak lebih dari 5 kilometer diharapkan untuk memakai sepeda ontel.

Ke depan, katanya jika gerakan di hari Jumat bersepeda ini sudah mapan maka diharapkan setiap harinya ASN berangkat dan pulang kantor dengan memakai sepeda.

Menurut dia banyak manfaat dengan bersepeda, selain untuk kesehatan, di sisi lain juga bisa menghemat bahan bakar minyak (BBM) dari kendaraan yang mereka pakai setiap hari.

Selain itu, juga untuk mengurangi polusi udara di bumi yang semakin hari semakin tinggi, sehingga dengan kesadaran ini bisa memantik warga lainnya di berbagai daerah, bahkan di negara lain di seluruh dunia.

"Kegiatan ini akan menjadi rutinitas setiap Jumat dan harapan ke depan tidak hanya Jumat saja, tetapi setiap hari, untuk semua OPD termasuk kecamatan dan kelurahan pegawainya dari rumah ke kantor naik sepeda ontel karena bermanfaat untuk kesehatan dan juga untuk mengurangi polusi udara," katanya.

Usai pencanangan gerakan bersepeda, dilanjutkan dengan kegiatan bersepeda yang dibagi dalam dua rute, yakni rute pemula dengan jalur dari halaman Kantor Setda-Kerkop-Telkom-Tugu Jam-Subur-OBL-Setda. Kemudian rute menengah dari halaman Setda-Kerkop-Geneng-Terminal-Kowangan-Telkom-Tugu Jam-Subur-OBL-Setda. ***3***

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024