Manado (ANTARA) - DPRD Kota Surabaya mendorong pengembangan kehidupan masyarakat termasuk wisata bahari di kawasan Kampung Nelayan Sontoh Laut di Tambak Sarioso, Asemrowo, Kota Surabaya, Jatim.

"Kami sangat mendukung penataan kawasan dan pengembangan wisata bahari Sontoh Laut, sehingga bisa mengembangkan kehidupan kampung nelayan dan masyarakat sekitar," kata Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Kamis.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mendorong penguatan terhadap kelompok sadar wisata, peran para pelaku UMKM, dan penyerapan tenaga kerja.

Menurut dia, pihaknya akan membawa kepentingan warga masyarakat di pesisir, yang seiring dengan program kebijakan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

"Wilayah itu menjadi salah satu destinasi wisata perairan di Kota Surabaya. Karena itu butuh dukungan dan sentuhan tangan Pemerintah Kota Surabaya,” kata Adi.

Adi mengatakan pada saat berkunjung ke Kampung Nelayan Sontoh Laut, Rabu (27/10), pihaknya juga menerima curhat dari warga masyarakat tentang pengembangan sarana dan prasarana kampung, salah satunya pengadaan 14 titik penerangan jalan umum (PJU) dan perbaikan jalan.

Adi menjelaskan, DPRD Kota Surabaya dan Wali Kota Eri Cahyadi telah mengesahkan APBD Perubahan tahun 2021, pada 29 September lalu.

"Kami telah sepakati anggaran untuk peningkatan kesejahteraan nelayan sebesar Rp19 miliar. Nanti para keluarga nelayan yang tidak mampu akan mendapatkan pekerjaan dari Pemkot di kawasan pesisir dan sungai. Akan diberikan honor Rp2 juta kepada para pekerja," ujar Adi. 



 

Pewarta : Abdul Hakim
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024