Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggelar kegiatan penyuluhan Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan HAM Tahun 2021, di Manado, Sulawesi Utara.
"Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadsikumal) Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung," kata Kepala Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado, Rabu.
Kadispen mengatakan pada saat tersebut Kadiskumal menyampaikan  terima kasih kepada Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya beserta staf atas terselenggaranya kegiatan pembekalan dan penyuluhan serta pengetahuan tentang hukum humaniter internasional dan HAM kepada prajurit jajaran Lantamal VIII.
Kadiskumal berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman di bidang pengetahuan hukum khususnya tentang ketentuan hukum humaniter internasional dan HAM yang berlaku dalam operasi militer.
Selain itu ia juga menyampaikan melalui kegiatan tersebut setiap prajurit TNI AL memiliki kemampuan dalam menerapkan hukum humaniter internasional dan HAM dalam setiap pelaksanaan operasi militer, serta memiliki keterampilan dalam menerapkan aturan pelibatan atau Rules Of Engagement (ROE).
Melihat dari tugas yang diemban oleh TNI AL, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis dewasa ini, tuntutan tugas yang begitu kompleks dan keterbatasan pengetahuan tentang hukum humaniter internasional dan HAM yang dimiliki oleh sebagian besar prajurit TNI AL, Kadiskumal memandang kegiatan tersebut sangatlah relevan apabila dikaitkan dengan pelaksanaan tugas di masa sekarang dan masa yang akan datang.
Oleh karena itu pada kesempatan tersebut Kadiskumal menekankan kepada peserta untuk  memanfaatkan moment yang baik ini semaksimal mungkin. "
Peserta juga untuk dapat perhatikan dan cermati secara seksama apa yang disampaikan, sehingga akan menjadi sesuatu yang berguna untuk diri kita dan organisasi.
Hadir pada kegiatan tersebut Wadan Lantamal VIII, Asops Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Danyonmarhanlan VIII Bitung dan peserta desimenasi yang terdiri dari prajurit Mako Lantamal VIII, Satrol Lantamal VIII dan Yonmarhanlan VIII Bitung.
Sebelum membuka kegiatan itu, kedatangan Kadiskumal Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung Marpaung dan rombongan disambut  Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024