Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivolius Pudihang mengingatkan warga agar mewaspadai curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur daerah itu.

"Wilayah Kabupaten Sangihe saat ini diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi dengan durasi waktu yang agak lama sehingga warga diminta tetap waspada," katanya di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jumat.

Dia mengatakan warga yang tinggal di daerah bantaran sungai dan wilayah pegunungan serta sekitar tebing agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor.

Kepada seluruh masyarakat diminta memperhatikan perubahan cuaca yang cepat sehingga berdampak pada aktivitas kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kata dia, pengguna jalan, khususnya luar kota, agar memperhatikan kondisi kendaraan, mewaspadai wilayah perbukitan yang rawan longsor, jalan yang licin akibat material pasir, kerikil, dan air yang menggenangi jalan.

"Jalur jalan di Sangihe rawan longsor sehingga perlu kewaspadaan dari masyarakat pengguna jalan lebih khusus jalur luar kota," kata dia.

Dia juga meminta warga segera menghubungi pemerintah setempat jika mengalami bencana atau ada potensi bencana.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024