Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, menginformasikan bahwa kasus positif COVID-19 di daerah tersebut tidak ada penambahan kasus baru atau nihil dalam empat hari terakhir.

"Sudah sejak empat hari yang lalu tidak ada penambahan kasus baru positif COVID-19 di wilayah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Jopy Thungari di Tahuna, Jumat.

Dia mengatakan total keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sejak awal penanganan hingga saat ini sebanyak 1.138 orang.

Dari jumlah tersebut, 1.098 telah dinyatakan sembuh, 39 meninggal dunia, satu yang masih melakukan isolasi mandiri.

Pihaknya tetap meminta masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dan segera mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Kami mengajak masyarakat agar tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, bagi yang belum mendapatkan vaksin diharapkan segera mendaftarkan diri ke Puskesmas yang terdekat dari domisili masing-masing," katanya.

Menurutnya, pihaknya masih akan terus melakukan sejumlah upaya strategis guna meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah ini.

Saat ini, kata dia, Kabupaten Sangihe ditetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 karena pencapaian vaksinasi masih sangat rendah.

"Sekalipun kasus positif hanya satu orang namun karena pencapaian vaksinasi masih baru 32 persen maka Kemendagri menetapkan PPKM level 3 untuk Kabupaten Sangihe," kata dia.

"Kami berharap dengan berbagai upaya strategis yang dilakukan oleh satuan tugas serta TNI dan Polri maka penanganan COVID-19 di Kabupaten Sangihe akan berjalan dengan lancar dan optimal. Kami juga berharap kesadaran masyarakat untuk divaksin terus meningkat," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024