Sangihe (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Rivolius Pudihang meminta warga masyarakat di daerah itu mewaspadai bencana alam saat musim hujan.

"Kami meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana alam di saat musim hujan seperti saat ini," kata Rivolius Pudihang di Tahuna, Sangihe, Selasa.

Menurut dia, curah hujan yang tinggi disertai angin melanda Kabupaten Sangihe harus diwaspadai dengan serius oleh semua warga.

"Semua warga yang bermukim di wilayah rawan bencana longsor dan banjir harus meningkatkan kewaspadaan," kata dia.

Kepada seluruh masyarakat diminta memperhatikan perubahan cuaca yang begitu cepat sehingga berdampak pada aktivitas kehidupan.

Selain itu, kata dia, bagi pengguna jalan khususnya luar kota agar memperhatikan kondisi kendaraan, mewaspadai wilayah perbukitan yang rawan longsor, jalan yang licin akibat material pasir, kerikil dan air yang menggenangi jalan.

"Jalur jalan di Sangihe rawan longsor sehingga perlu kewaspadaan dari masyarakat pengguna jalan lebih khusus jalur luar kota," kata dia.

Masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai juga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir.

Dia juga meminta warga masyarakat agar segera menghubungi pemerintah setempat jika mengalami bencana atau ada potensi bencana.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024