Sangihe, Sulut (ANTARA) - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jopy Thungari meminta semua pihak di daerah itu bersinergi mendukung program vaksinasi COVID-19.

"Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi COVID-19," kata Jopy Thungari di Tahuna, Sangihe, Selasa.

Menurut dia, peran TNI dan Polri saat ini sangat besar dalam mendukung pelaksanaan program vaksinasi melalui kegiatan yang dilakukan di beberapa lokasi.

"TNI dan Polri saat ini sangat aktif menggelar vaksinasi agar semakin banyak warga yang tervaksin," kata dia.

Demikian juga tenaga kesehatan yang ada di semua fasilitas kesehatan terus melakukan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat.

Dia juga meminta peranan tokoh agama dalam memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat serta warga jemaat agar bersedia untuk divaksin

Dia mengakui, ada kampung dan kelurahan yang sudah mencapai 50 persen warganya divaksin, namun ada juga yang masih sangat kurang.

"Sosialisasi masih sangat perlu terus dilakukan di wilayah yang capaian vaksinasi masih di bawah 50 persen dari target," kata dia.

Sampai saat ini, kata dia, capaian vaksinasi di Kabupaten Sangihe baru 32 persen atau 36.352 orang dari target 113.631 warga.

Dinas Kesehatan kata dia, saat ini telah membuka pelayanan vaksinasi bagi masyarakat umum setiap hari kerja.

"Setiap hari kerja saat ini dibuka pelayanan vaksinasi bertempat di kantor Dinas Kesehatan yang berada di Kelurahan Tapuang Tahuna Timur," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024