Minahasa Tenggara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara Sulawesi Utara, terus memaksimalkan potensi pariwisata daerah, dengan memberikan pelatihan kepada pemandu wisata.

"Peran para pemandu wisata ini sangat penting dalam menunjang pariwisata daerah, sehingga pemerintah memberikan mereka pelatihan khusus," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa Tenggara, Sartje Taogan di Ratahan, Rabu.

Ia mengungkapkan, segmen pemandu wisata yang mendapatkan pelatihan ini, adalah khusus untuk wisata alam gunung.

"Karena daerah kami juga mempunyai potensi alam seperti pegunungan maka perlu juga pelatihan bagi pemandu yang khusus wisata gunung," ujarnya.

Dia menambahkan, para pemandu wisata gunung kebanyakan adalah pemuda termasuk komunitas pecinta alam yang secara aktif sering melakukan pendakian ke gunung.

"Saat ini ada 20 anak muda yang kita bina dan latih untuk menjadi pemandu wisata. Selain itu, kami tentu berharap mereka dapat menjadi duta dalam mempromosikan wisata gunung," jelasnya.

Menurut dia, Kabupaten Minahasa Tenggara mempunyai potensi objek wisata pegunungan baik dan memiliki daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun asing.

"Kami mempunyai sejumlah gunung untuk menjadi objek wisata seperti Gunung Soputan sebagai salah satu objek wisata andalan untuk peningkatan pariwisata daerah," tandasnya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024