Manado, (Antara Sulut) - Harga beras di Kota Manado, Sulawesi Utara(Sulut) mulai bergerak naik 6 hingga 7 persen, jelang hari raya keagamaan, Natal 25 Desember 2011 dan Tahun Baru.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado,mengatakan, harga beras jenis pilihan (PL) naik hingga ke kisaran Rp8.000 per kilogram (Kg) padahal akhir pekan lalu masih bertengger di posis Rp7.500 per Kg.

"Penyebab utama kenaikan harga beras akhir-akhir ini, dipicu permintaan masyarakat yang mulai meningkat satu bulan jelang Natal," kata Sanny.

Dia mengatakan, sudah menjadi tren setiap tahun menjelang akhir tahun pasti terjadi peningkatan pembelian beras oleh masyarakat, dan ini berpotensi besar memicu kenaikan harga jual eceran di pasaran.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Ria Dunggio mengatakan, selain faktor permintaan meningkat, kenaikan harga beras juga disebabkan faktor musim yang terjadi belakangan ini.

"Wilayah di Sulut termasuk daerah sentra sering diguyur hujan beberapa hari belakangan ini dan berdampak pada proses pasca panen petani terganggu, akibatnya produksi padi petani tidak maksimmal,"kata Ria.

        


Pewarta : GUIDO MERUNG
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024