Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara mengimbau warga di daerah itu menyiapkan jamban untuk masing-masing keluarga guna mewujudkan kesehatan masyarakat dan lingkungan.

"Kami mengimbau semua keluarga agar dapat menyiapkan jamban di setiap rumah penduduk," kata Kadis Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Jopy Thungari di Tahuna, Jumat.

Ia mengatakan secara umum di wilayah Kecamatan Tahuna, hampir di setiap rumah sudah ada jamban keluarga, sedangkan bagi warga di pelosok kampung masih ada rumah yang tidak memiliki jamban.

"Jamban keluarga di setiap rumah sangat penting untuk menjaga kesehatan dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih," kata dia.

Dia mengingatkan pelaksanaan program pembangunan jamban yang dikerjakan secara gotong royong sempat digaungkan tahun sebelumnya agar kembali dilaksanakan.

"Sudah ada beberapa kelurahan dan kampung yang mendeklarasikan program stop buang air besar di sembarangan tempat karena telah menyiapkan jamban umum atau di setiap keluarga," kata dia.

Dia mengatakan tim dari Dinas Kesehatan saat ini sedang melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyakit menular akibat lingkungan yang tidak bersih.

"Tim saat ini memberikan sosialisasi di Kampung Pindang, Kecamatan Manganitu Selatan sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan Tentara  (TNI, red.) Manunggal Membangun Desa ke-112," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024