Manado (ANTARA) - Bupati Aceh Tamiang Mursil menyebutkan 23 persen atau sekitar 51 ribu warga setempat sudah divaksin COVID-19 hingga triwulan ketiga 2021.

"Capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Aceh Tamiang sudah mencapai 23 persen atau 51 ribu orang dari jumlah target sasaran vaksin 225 ribu jiwa," kata Bupati Aceh Tamiang Mursil di Aceh Tamiang, Rabu (22/9).

Ia menjelaskan capaian vaksinasi tersebut termasuk rendah karena terkendala minimnya tenaga medis di Aceh Tamiang dalam mendukung program vaksinasi.

Ia mengatakan Aceh Tamiang membutuhkan dukungan pemerintah provinsi agar dapat mengirimkan bantuan tenaga medis guna mengoptimalkan program vaksinasi di gerai-gerai vaksin yang tersedia.

"Kami terus memaksimalkan program vaksinasi vaksin COVID-19 ini. Kami juga mengharapkan ada bantuan dokter atau tenaga medis dari pemerintah provinsi," kata Mursil.

Meskipun persentase vaksinasi secara keseluruhan belum memuaskan, katanya, capaian vaksinasi di Aceh Tamiang masih lebih baik dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Aceh.

"Kami optimis bila ada tambahan dokter, akhir tahun ini Aceh Tamiang akan tebus target 50 persen, dan 2022 seluruh masyarakat sudah divaksin," kata dia.

Ia juga mengajak kalangan ulama di kabupaten itu ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi sebagai ikhtiar mengakhiri pandemi COVID-19.

"Serta mengajak umat berdoa dan meningkatkan ibadah agar wabah COVID-19 berakhir serta aktivitas masyarakat di segala lini kembali normal," kata Mursil.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024