Manado (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Kota Surakarta melakukan bakti sosial dengan membagikan 1.500 paket sembako kepada masyarakat terdampak pendemi COVID-19 di kawasan Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasal Kliwon Solo, di Jawa Tengah, Rabu.

Pada acara pembagian paket sembako dipimpin oleh Wakil Kasat Lantas Polresta Surakarta AKP Sutoyo kepada masyarakat yang membutuhkan terutama yang terdampak pandemi COVID-19 di kawasan Kelurahan Semanggi Pasar Kliwon Solo dengan cara mendatangi dari rumah ke rumah untuk menjaga protokol kesehatan.

Menurut Wakasat Lantas Polresta Surakarta AKP Sutoyo kegiatan baksos dengan membagikan 1.500 paket sembako kepada masyarakat terdampak tersebut rangkaian dalam rangkan memperingati Hari Jadi Ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara 2021 di Solo.

Menurut Sutoyo dalam Hari Jadi Lalu Lintas tahun ini, dengan tema "Polantas Yang Presisi, Tangguh dan Bertumbuh di Era Kenormalan Baru".

Pada acara baksos pembagian sembako tersebut, kata dia, dilaksanakan untuk masyarakat yang terdampak di kawasan Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon. Mereka antara lain masyarakat umum, komunitas sukarelawan pengatur lalu lintas (Supeltas), dan para pengemudi angkutan umum yang tergabung Organisasi angkutan darat (Organda) di Solo.

"Sebanyak 1.500 paket sembako itu, setiap paket berisi antara lain beras, minyak goreng, gula, teh, mie instan, dan bahan makanan lainnya. Kami berharap paket sembako ini, dapat bermanfaat mengurangi beban masyarakat yang terdampak," katanya.

Selain itu, Satlantas Polresta Surakarta sebelumnya juga melaksanakan beberapa kegiatan vaksinasi untuk mendukung percepatan vaksin di Solo, yang digelar pada tanggal 18 September 2021 dengan menyasar 1.500 dosis. Kegiatan vaksinasi sasarannya pelaku transportasi di Solo.

Selain lain, Satlantas Polresta Surakarta juga melakukan baksos dengan anjangsana ke rumah purnawirawan anggota Satlantas Polresta setempat, anggota warakawuri yakni istri janda anggota Polri, dilaksanakan, pada Selasa (21/9).

Pada acara puncak melaksanakan syukuran HUT Ke-66 Lalu Lintas secara sedehana yang dihadiri beberapa anggota Satlantas di Mako 2 Polresta Surakarta dengan prokes ketat. Pelaksanaan syukuran hanya potong tumpeng dan doa saja.

Sementara itu, Polresta Surakarta pada masa pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Solo mulai tanggal 21-27 September, masih ada penutupan di ruas Jalan Slamet Riyadi Solo, hanya jamnya yang berbeda. Penutupan jalan sebelumnya dimulai pukul 20.30 WIB - 05.00 WIB kini dilonggarkan menjadi pukul 21.30 WIB - Pukul 05.00 WIB.

"Hal tersebut, dilakukan untuk mengurangi mobilitas warga terutama di Jalan Slamet Riyadi guna mencegah penularan COVID-19. Kami berharap masyarakat lebih baik berada di rumah saja pada saat waktu malam hari untuk mengurangi mobilitas," katanya. 
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024