Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa, Sulawesi Utara, Royke Roring mengatakan pemerintah  mendorong terciptanya sumber daya manusia(SDM) kehumasan yang berkualitas. 

"Setelah Pemerintah Kabupaten Minahasa meraih pemenang sub kategori Pemkab terpopuler di Media Digital, kami akan terus meningkatkan kualitas humas agar semakin berkualitas," kata Royke, di Manado, Selasa. 

Dia mengatakan kategori tokoh mendapat anugerah Bupati Terpopuler di Media Digital bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang meraih penghargaan Gubernur Terpopuler di Media Digital juga.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi di lingkup kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, anak BUMN dan BUMD seluruh Indonesia.

Dengan adanya ajang kompetisi tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya Hubungan Masyarakat (Humas) yang strategis dan kontributif bagi reputasi positif bagi segenap institusi publik di Indonesia yang juga mengukur pencapaian kinerja departemen, biro atau bagian Humas serta Dinas Kominfo sepanjang Tahun 2020 dan 2021.

Khusus untuk pemenang kategori tokoh yang terdiri dari sub kategori menteri, kepala lembaga, pemimpin BUMN, pemimpin BUMD, walikota terpopuler, bupati terpopuler dan gubernur terpopuler, penilaiannya didasarkan pada lima poin yakni ekspos kegiatan, komunikasi, interaksi, kepemimpinan dan kebijakan.

Sumber data penilaian pemenang diambil dari 7.015 media online lokal, 962 media online nasional, 2.338 media online internasional dan dari Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube yang dianalisa secara kuantitatif oleh mesin Kazee dan metode kualitatif oleh juri dari Public Relation (PR) Indonesia dan Kazee yang terdiri dari tokoh-tokoh yang berkompeten di bidangnya.

Dari lima pemenang, Gubernur Olly Dondokambey tercatat satu-satunya Gubernur dari pulau Sulaewesi dan kawasan Timur Indonesia yang meraih gelar tersebut.

Sementara itu, katanya, dari tujuh pemenang Bupati Royke Roring dan Pemkab Minahasa menjadi satu-satunya bupati dan Pemkab dari Provinsi Sulawesi Utara yang menjadi pemenang.

Atas anugerah tersebut Bupati Minahasa menyampaikan terima kasih kepada AHI yang sudah memberinya penghargaan tersebut, terima kasih kepada jajaran Pemkab Minahasa, rekan-rekan pers bahkan seluruh rakyat Kabupaten Minahasa yang banyak
memberikan ekspos positif bagi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa juga Pemkab Minahasa.

Namun demikian menurutnya, anugerah tersebut bukan hanya akan mengapresiasi tapi juga menjadi cambuk bagi dirinya bersama Wakil Bupati, Dr Robby Dondokambey bahkan jajaran Pemkab Minahasa untuk tidak saja populer dalam ekspos di media digital tapi juga dalam melayani rakyat Kabupaten Minahasa seperti komitmen mereka sejak awal untuk melaksanakan berbagai visi misi demi kesejahteraan rakyat dan kemajuan Kabupaten Minahasa tercinta.

Lanjutnya, penghargaan yang diberikan ini jangan membuat kita berpuas diri tapi harus mampu terus konsisten bahkan lebih meningkatkan capaian kinerja yang sudah diraih selama ini.

"Saya juga bersama pak Wakil Bupati dan jajaran Pemkab Minahasa menyampaikan selamat kepada Gubernur Sulawesi Utara, bapak Olly Dondokambey yang meraih anugerah Gubernur Terpopuler di Media Digital Tahun 2021," kata Bupati Minahasa.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024