Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi saat cuaca ekstrem.

"Curah hujan cukup tinggi beberapa hari belakangan ini, harus waspada. Memasuki bulan September sampai Desember biasanya hujan deras," sebut Gubernur Olly di Manado, Selasa.

Masyarakat yang menetap di daerah berbukit ataupun lereng, serta di bantaran sungai diharapkan mencari tempat yang lebih aman bila kondisi hujan deras.

"Carilah tempat yang lebih aman dan tidak membahayakan jiwa," ujarnya.

Gubernur prihatin atas banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Minahasa Tenggara pascahujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

"Kami prihatin dan berduka atas korban longsor di Kabupaten Minahasa Utara, baru ditemukan satu orang. Pemerintah provinsi sudah di lapangan, kami juga akan tinjau ke sana," katanya.

Terkini, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca yang diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 15:30 Wita.

BMKG memperkirakan masih berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Kondisi ini dapat meluas ke wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (seluruh wilayah) serta Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. ***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024