Bolaang Mongondow Timur, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten  Bolaang Mongondow Timur , Sulawesi Utara, menargetkan di tahun 2012 nanti, seluruh masyarakat daerah tersebut sudah menggunakan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP)  sebagai pengganti tanda pengenal warga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Husain Mamonto,di Tutuyan,  Minggu, mengatakan , penerapan e-KTP direncanakan mulai tahun depan diterapkan di Bolaang Mongondow Timur (Boltim). 

Dijelaskannya, untuk tahun ini penerapan e-KTP tersebut masih terbentur dengan pemutakhiran data nomor induk kependudukan (NIK) pada puluhan ribu penduduk yang disesuaikan dengan wajib KTP.

"Saat ini pemutakhiran data penduduk tengah dilakukan, targetnya awal tahun 2012 sudah rampung, agar penerapan e-KTP disesuaikan dengan jumlah wajib KTP," jelas Mamonto.

Dalam penerapannya, untuk sementara penerbitan e-KTP dilakukan secara terpusat oleh operator di tingkat kabupaten dan ditandatangani langsung Kepala Dinas.

Sedangkan untuk mempermudah para pemohon, pendaftaran di tingkat kecamatan dilakukan oleh petugas registrasi tingkat kecamatan masing-masing.

Diakui Mamonto, pengadaan e-KTP juga memang dipengaruhi oleh sumber daya pendukungnya baik itu sokongan dana serta tenaga ahli berupa operator di tingkat kabupaten hingga kecamatan.

"Sehingga diharapkan untuk anggarannya akan di-"support" pada APBD 2012 untuk menunjang sarana prasarana pendukung di lapangan nantinya," harapnya.

Pengadaan e-KTP bagi warga Boltim tersebut, mendapat dukungan penuh dari personil DPRD Boltim, Hi Sutami Sukar. Menurutnya, e-KTP bermanfaat untuk mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu.

"Sehingga memberikan rasa aman dan kepastian hukum bagi masyarakat, "Selain itu juga mendukung terwujudnya database kependudukan yang akurat, khususnya yang berkaitan dengan data penduduk wajib KTP," ujar Sutami.


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024