Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sam Ratulangi menggandeng RS Sentra Medika Minahasa Utara, Sulawesi Utara, menggelar donor darah dalam rangka menyambut HUT ke-76 TNI.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, di Manado, Sabtu mengatakan Lanud Sam Ratulangi sesuai dengan instruksi dari pimpinan TNI yakni dari Mabes AU dan khususnya dari Koopsau II, untuk melaksanakan donor darah dalam rangkaian memperingati HUT ke-76 TNI.

"Dalam hal ini pelaksanaannya tidak hanya oleh TNI AU tapi melibatkan pula personel-personel dari TNI AD, TNI AL, Polri dan swasta serta masyarakat selain personel Lanud Sam Ratulangi sendiri sebagai koordinator kegiatan," katanya.

Ia mengatakan, ini juga merupakan bentuk sinergitas antara Lanud Sam Ratulangi dengan RS Sentra Medika Minahasa Utara, yang kebetulan juga merayakan ulang tahunnya yang pertama.

"Kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, lonjakan permintaan kantong darah sangatlah tinggi," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Danlanud, sangatlah tepat pimpinan menginstruksikan kita menyelenggarakan kegiatan donor darah, sehingga TNI menjadi dekat dan hadir untuk membantu masyarakat.

Selain kegiatan donor darah, TNI akan mengadakan juga kegiatan bakti sosial lainnya menjelang HUT TNI 5 Oktober nanti.

"Jadi, ini merupakan salah satu bukti kehadiran TNI di tengah masyarakat, dimana TNI membantu, meringankan beban masyarakat. Semoga setetes darah dapat menolong nyawa seseorang yang sedang membutuhkan," katanya.

Direktur Sentra Medika Hospital Minahasa Utara, dr. Cecilia Naritha mengatakan, dipilihnya kegiatan donor darah agar PMI Sulawesi Utara memiliki ketersediaan pasokan darah yang cukup bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Target kami untuk donor darah kali ini, akan tercapai ratusan kantong darah. Dengan adanya dukungan dari TNI Angkatan Udara pasti akan mencapai target tersebut," katanya.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Lantai III Sentra Medika Hospital Minahasa Utara, terkumpul 119 kantong darah.

Selain donor darah, Lanud Sam Ratulangi juga melaksanakan Serbuan Vaksinasi di desa Kema Minahasa Utara.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024