Pangkal Pinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan mendorong PT Pertamina (Persero) untuk segera merealisasikan Program Langit Biru (PLB) di Pulau Belitung, guna memudahkan masyarakat mendapatkan BBM ramah lingkungan itu.

"Kita berharap Pertamina segera mencanangkan Program Langit Biru ini dengan memperbanyak Pertashop di seluruh pelosok-pelosok desa Pulau Belitung," kata Gubernur Erzaldi Rosman Djohan di Pangkal Pinang, Sabtu.

Ia mengatakan dengan adanya Program Langit Biru dengan memperbanyak Pertashop di seluruh pelosok desa, tentunya dapat mengatasi kelangkaan BBM di Pulau Belitung.

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya program tersebut  tentunya juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan investasi di Negeri Laskar Pelangi itu.

"Sesuai program pemerintah melalui Pertamina yang mencanangkan Program Langit Biru, maka ke depan pemerintah tidak akan lagi menjual BBM jenis Premium dan Solar di pulau ini," katanya.

Ia menilai Pertashop merupakan solusi menyelesaikan masalah kelangkaan BBM di Pulau Belitung ini. Oleh itu ia mengajak masyarakat untuk berinvestasi di bisnis ini. Berkenaan dengan modal usahanya bisa dibantu melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bekerja sama dengan pihak perbankan.

"Siapa yang tahan antri berjam-jam demi membeli bensin 2-3 liter, bahkan ada warga yang dari jauh di pelosok desa dan sudah sewajarnya Pertashop bermunculan di pelosok-pelosok, sehingga persoalan distribusi BBM akan teratasi," ujarnya.

Menurut dia, Pertashop atau SPBU mini sebagai lembaga penyalur Pertamina skala kecil menjadi peluang investasi yang menjanjikan dengan target lokasi di pelosok pedesaan.

"Mudah-mudahan Program Langit Biru ini segera terealisasi, sehingga tidak terjadi lagi kelangkaan BBM akibat meningkatnya operasional tambang rakyat akibat harga timah naik," katanya.

Pejabat Sementara Manajer Komunikasi, Relasi, dan CSR PT Pertamina wilayah Sumbagsel Agustina Mandayati mengatakan PLB merupakan program pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara, terutama yang bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang melalui edukasi dan mengajak masyarakat merasakan pengalaman manfaat menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

"Langit yang biru dengan kualitas udara yang bersih merupakan keinginan setiap warga negara khususnya di daerah perkotaan," katanya. 

Pewarta : Aprionis
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024