Sangihe, Sulut (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengajak pengelola badan usaha milik desa (Bumdes) memanfaatkan fasilitas tol laut yang sudah disiapkan pemerintah.

"Kami mengajak Bumdes supaya memanfaatkan fasilitas tol laut yang sudah disiapkan pemerintah," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Jumat.

Hadirnya tol laut rute Surabaya-Makasar-Tahuna sangat membawa keuntungan bagi masyarakat serta pelaku usaha yang ada di Kabupaten Sangihe.

"Sejak 17 Mei 2016 hingga saat ini hadirnya Tol Laut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sangihe," kata dia.

Manfaat yang di rasakan masyarakat kata Bupati, diantaranya adalah harga yang bisa di jangkau masyarakat karena lebih murah dibandingkan dengan harga barang yang di muat dengan kapal lainnya.

"Setiap barang yang diangkut dengan transportasi Tol Laut pasti harganya lebih murah sehingga bisa di jangkau oleh masyarakat," katanya.

Kabupaten Kepulauan Sangihe kata Bupati telah dinyatakan sebagai pemenang pertama Award Tol Laut untuk kategori Muatan balik terbanyak tahun 2020/2021 dari 3 nominator masing2 Kabupaten Talaud dan Sangihe serta Nunukan.

"Kami menerima langsung penghargaan pemenang pertama Award Tol Laut pekan lalu bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo Yokyakarta," ujarnya.

Penghargaan yg diterima oleh Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan yang ketiga kalinya, yakni pada Tahun 2018 dan 2019 serta tahun 2020/2021.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024