Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengapresiasi petani dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut di tengah pandemi COVID-19.

"Saya mengapresiasi para petani di Bumi Nyiur Melambai yang tetap memberikan sumbangannya untuk laju pertumbuhan ekonomi di Sulut," kata Olly, di Manado, Rabu.

Olly mengatakan kepara seluruh pelaku utama dan pelaku usaha di bidang agribisnis di Sulut yang terus berinovasi dalam sektor pertanian.

Dari data Kementerian Pertanian yang tercatat pada sistem IQFAST di Karantina Pertanian Manado, produk pertanian unggulan ekspor asal Sulut berupa kelapa dan produk turunannya seperti Kopra, Bungkil Kelapa, Minyak Kelapa, Kelapa Parut, Santan Kelapa, Air Kelapa, Serabut Kelapa dan Cocopeat,

Selain itu, pala dan turunannya berupa Pala Biji, Bunga Pala (Fully), Kulit/Cangkang Pala, Daging Pala, dan Pala Bubuk . Adapun negara tujuan negara ekspornya adalah India, Cina, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Australia, Selandia Baru, Polandia, Turki, Russia, Hong Kong, Itali, Jepang, Irak, Prancis, Inggris, Korea Selatan, Vietnam, Thailand.

Gubernur menjelaskan sebelumnya Wapres Maruf Amin mengingatkan ada tiga hal penting yang menjadi tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia.

Ketiganya adalah melakukan pemenuhan pangan rakyat secara total, meningkatkan kesejahteraan petani dan melakukan peningkatan ekspor secara berkelanjutan.

"Tumbuhnya pertanian di masa krisis seperti ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan sinergi integratif dan kolaboratif antar insan pertanian serta komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dan pusat," katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024