Tomohon (ANTARA) - Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk mengajak pejabat di daerah itu yang baru dilantik terus menyosialisasikan program pemkot agar bisa dilaksanakan secara optimal bagi kemajuan daerah setempat.

"Setiap pejabat yang baru dilantik hendaknya melaksanakan dan menyosialisasikan semua program Pemerintah Kota Tomohon sesuai dengan visi, misi wali kota dan wakil wali kota," katanya saat melantik sejumlah pejabat di Tomohon, Sulawesi Utara, Jumat (10/9).

Pelantikan dan pengangkatan pejabat dalam suatu jabatan, sebut dia, merupakan bagian dari pengembangan karier aparatur sipil negara (ASN) yang didasarkan pada perundang-undangan yang berlaku.

"Dilantik dalam suatu jabatan setiap aparatur harus memiliki integritas, profesional, netral, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik KKN dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik," katanya.

ASN, katanya, harus dapat menjalankan perannya sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Hal itu, katanya, juga sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang menegaskan bahwa jabatan ASN terdiri atas jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrasi, dan jabatan fungsional.

Ia menambahkan pengangkatan seorang ASN dalam jabatan struktural didasarkan pada kebijakan dan manajemen ASN yang sesuai dengan ketentuan, secara adil serta wajar, dan tidak membedakan agama dan ras.

"Besar harapan saya pejabat administrator dan pengawas yang baru dilantik ini dapat menunjukkan kualitas, kinerja optimal, totalitas pengabdian dan profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi," katanya.

Pejabat yang baru dilantik, lanjut dia, harus berlaku jujur, segera menyesuaikan diri dengan jabatan yang diemban dan menjadi pejabat yang amanah penuh tanggung jawab.

"Carilah seni dalam memimpin, jauhi sifat sombong, ego sektoral dan ciptakan inovasi baru. Kepercayaan ini harus dijaga melalui implementasi dengan mengedepankan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa demi terwujudnya masyarakat Kota Tomohon yang maju dan sejahtera," katanya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024