Sitaro (ANTARA) -

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), melaksanakan Rapat Paripurna  penyampaian Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2021 Kabupaten Sitaro, bertempat di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Sitaro, Selasa (31/8).

 Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota Dewan  Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, yang telah mengagendakan rapat paripurna, sekaligus memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk menyampaikan rancangan perubahan kebijakan umum anggaran dan rancangan perubahan prioritas plafon anggaran sementara (KUA dan PPAS) Tahun Anggaran 2021.

" Dampak pandemi covid-19 telah membawah pengaruh pada asumsi kebijakan umum Tahun 2021, dimana terdapat proyeksi target pendapatan yang tidak tercapai serta adanya pergeseran belanja sebagai tindak lanjut dari kebijakan refocusing APBD, yang menjadi amanat dalam peraturan Menteri Keuangan nomor 17 Tahun 2021, tentang pengelolaan transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021"dalam rangka mendukung penanganan pandemi corona virus disease 2019" tutup Sasingen.  

Lanjutnya, kebijakan nasional untuk mempercepat penanganan dan pencegahan penularan covid-19, melalui refocusing dan realokasi anggaran di Tahun 2021 ini juga mempengaruhi kinerja pemerintah daerah dalam memacu pembangunan infrastruktur. 

"Arah kebijakan keuangan daerah di akhir Tahun 2021, khususnya pada komponen pendapatan daerah pemerintah daerah berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah di tengah dampak pandemi covid-19" tutupnya .

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro, Djon Ponto Janis, SH, didampingi Wakil Ketua DPRD, Jotje Luntungan, SE, Bob Nover Janis, serta dihadiri Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen, Wakil Bupati Drs. John H. Palandung, M.Si, Sekretaris Daerah, Drs. Herry Bogar, MM, para Asisten Sekda, para Kepala Perangkat Daerah, dan sebagian Anggota DPRD hadir secara langsung, serta Anggota DPRD lainnya mengikuti secara virtual. 

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024