Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane melaksanakan vaksinasi di wilayah perbatasan Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado, Minggu, mengatakan kegiatan dilaksanakan di Pos TNI AL Miangas tersebut dipantau Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya dan didampingi Komandan Guskamla Koaramada II Laksma TNI I Gung Putu Alit Jaya serta Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut.

"Serbuan Vaksinasi tersebut menargetkan 500 orang dan melibatkan tenaga kesehatan dari Lanal Melonguane dan Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud dibantu Puskesmas Miangas," tuturnya.

Ia mengatakan Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, yang langsung memantau kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Serbuan Vaksinasi dilakukan Lantamal VIII, Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada II dan Lanal Melonguane bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melaksanakan vaksinasi untuk dosis pertama dan dosis kedua.

Kegiatan dilaksanakan di salah satu pulau terluar yaitu Pulau Miangas yang merupakan pulau paling utara di Sulawesi Utara ini untuk membantu pemerintah mempercepat program vaksinasi.

"Hal ini disebabkan jumlah masyarakat yang divaksin baru tiga puluh persen, diharapkan dengan Serbuan Vaksinasi ini akan meningkatkan prosentase masyarakat yang di vaksin," ujar Danlantamal.

Pada saat itu Danlantamal VIII berpesan kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan dimanapun berada dengan selalu menerapkan "5M" agar masyarakat sehat dan perekonomian semakin tumbuh.

Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut menyampaikan terima kasih karena perhatian TNI AL yang terjun langsung di tengah-tengah masyarakat melakukan program vaksinasi.

Masyarakat di perbatasan memang sangat menantikan program vaksinasi karena itu kegiatan ini seperti gayung bersambut dimana masyarakat membutuhkan vaksinasi, TNI AL turun langsung untuk memberikan vaksinasi dengan sasaran 500 orang.

"Diharapkan dengan vaksinasi ini akan tercipta heard imunity atau kekebalan kelompok yang menandakan negara hadir di wilayah perbatasan," katanya.

Kegiatan itu juga dihadiri sejumlah pejabat utama Lantamal VIII serta Danlanal Melonguane.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024