Tomohon (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Roring mengatakan, disiplin menjadi kunci sukses seorang pegawai negeri sipil (PNS).

"Menjadi PNS adalah sebuah kebanggaan, karena tidak semua orang bisa menjadi PNS. Ingat bahwa
Disiplin adalah salah satu kunci sukses seorang PNS," kata  Sekdakot Edwin pada pelatihan dasar 21 orang CPNS di Tomohon, Senin.

Karena itu,  sebagai seorang PNS, jadikan disiplin sebagai bagian hidup, maka kesuksesan dalam karier akan diraih. 

Definisi disiplin berdasarkan PP 53 Tahun 2010 adalah kesanggupan PNS untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan atau peraturan kedinasan.

Konsekwensinya adalah  apabila tidak ditaati atau dilanggar pasti akan dijatuhi hukuman disiplin, tegasnya. 

"Pelanggaran disiplin adalah setiap ucapan, tulisan atau perbuatan PNS yang tidak menaati kewajiban dan atau melanggar larangan ketentuan disiplin PNS, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar jam kerja," katanya. 

Mantan Sekdakab Kepulauan Sangihe itu menambahkan, sedikitnya ada 17 kewajiban yang harus ditaati PNS sesuai PP 53 Tahun 2010 serta 15 larangan yang tidak boleh dilakukan. 

"Bagi yang tidak menaati ketentuan sebagaimana dimaksud pasal 3 dan atau pasal 4 dijatuhi hukuman disiplin," katanya menegaskan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024