Sitaro (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)  mengikuti pembahasan langkah mitigasi perbaikan kabel FO bawah laut link Ondong-Tahuna antara Dinas Kominfo Sitaro dengan PT Len Telekomunikasi Indonesia(LTI),  Bakti Kominfo, PT Infotek Global Network  dan PT Telkom Pusat Manado, melalui zoom meeting di Media Center Aula Kantor Bupati Sitaro, Kamis.

Pada pembahasan tersebut pihak Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) melalui Ilham Nugraha menyampaikan poin-poin perbaikan terencana link Ondong Siau- Tahuna yaitu,
1. Perbaikan terencana link Ondong Siau-Tahuna merupakan langkah mitigasi untuk meminimalisasi jangka waktu degradasi layanan pada Wilayah Kabupaten Sitaro.
2. Perbaikan terencana link Ondong Siau-Tahuna direncanakan akan dimulai pada tanggal 29 Agustus 2021, dengan estimasi terjadinya degradasi layanan pada wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro, selama 7  hari pada tanggal 30 Agustus sampai dengan 6 September 2021.

Dan untuk kelancaran perbaikan tersebut, LTI, Febri Dwiyanto menyampaikan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten  Sitaro melalui Dinas Kominfo agar ;
1. Memberikan dukungan atas rencana perbaikan link Ondong Siau-Tahuna dalam upaya meminimalisir dampak gangguan akses telekomunikasi di Wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro.
2. Menjembatani kegiatan sosialisasi perbaikan terencana link Ondong Siau-Tahuna yang akan diselenggarakan oleh LTI, bakti kominfo dan opreter telekomunikasi
3. Menjembatani kegiatan sosialisasi terkait keberadaan kabel palapa ring paket tengah kepada komunitas nelayan dan pemilik rumpon yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro, untuk memitigasi resiko kerusakan kabel laut akibat terkena jangkar/tali rumpon.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jacson Baginda, S.ST, menyampaikan terima kasih atas dukungan serta perhatian dari, General Manager Telkom wilayah Sulut Malut, Lonely Baringin yang boleh mengambil langkah-langkah, mengback up jaringan internet di Kabupaten Sitaro. 

Tambah Baginda,  mengenai pelaksanaan perbaikan yang direncanakan  selama tujuh hari, ini agar dapat terus dikomunikasikan, sehingga dapat diinformasikan  kepada masyarakat mengenai gangguan akses telekomunikasi. " Menyangkut dengan jankar/tali rumpon yang ada diwilayah perairan Sitaro, untuk tidak menggangu kabel bawah laut ini, kami akan bekerjasama dengan Dinas Perikanan untuk menata rumpon-rumpon tersebut" tuturnya. 

 Hadir pula pada pembahasan ini, GM Telkom wilayah Sulut Malut, Lonely Baringin, dari pihak bakti kominfo, dan Infotek. Kadis Kominfo Sitaro, Jacson Baginda, S.ST, didampingi Kepala Bidang e-government, Joice Bolung, S.Pd, Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi, Hendrik Letlora, SE. Zoom meeting Diskominfo Sitaro dengan pihak LTI (2)

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024