Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana membuka Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri TA 2021, Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, di Manado, Senin (26/7).
"Ini merupakan suatu kebahagiaan karena setelah kurang lebih 3,5 bulan mengikuti proses seleksi dan hari ini bisa mengikuti pendidikan Bintara," kata Kapolda Nana Sudjana, saat membuka Diktukba tersebut.
Kapolda mengatakan, kompetensi para Bintara Polri sangat menentukan wajah dari pelayanan Polri, karena 75 persen komposisi personel Polri terdiri atas para Bintara yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Diktukba tahun ini secara khusus untuk pertama kalinya akan diterapkan penguatan kurikulum baru yang telah diresmikan oleh Kapolri pada peringatan Hari Bhayangkara ke-75 pada tanggal 1 Juli yang lalu, yang diberi nama kurikulum Presisi," kata Kapolda.
Tahun ini menurut Kapolda berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana seleksi Penerimaan Polri di Polda Sulut dilaksanakan sekali untuk dua gelombang pendidikan, yaitu periode Juli 2021 dan gelombang Februari 2022.
Pendidikan kali ini akan dipadatkan menjadi 5 bulan, yang sebelumnya 7 bulan pendidikan.
“Dalam situasi pandemi ini kita akan memaksimalkan siswa untuk disiplin protokol kesehatan, kita akan terus memantau tempat pendidikan maupun tempat tinggal para siswa,” kata Kapolda.
Pembukaan pendidikan ini ditandai dengan pernyataan pembukaan pendidikan oleh Kapolda Sulut, dilanjutkan dengan penyematan tanda pangkat siswa kepada perwakilan siswa..
Usai upacara pembukaan, dilanjutkan dengan tradisi penyiraman air kembang oleh Kapolda Nana Sudjana dan Ketua Bhayangkari Sulut Shinta Nana Sudjana, didampingi Kepala SPN Polda Sulut Kombes Pol Sucahyo Hadi.
Dalam pendidikan kali ini, SPN Polda Sulut mendidik siswa Diktukba Polri sebanyak 300 orang, dengan perincian 255 siswa pengiriman Polda Sulut dan 45 siswa pengiriman Mabes Polri.
Pembukaan Diktukba Polri ini juga dilaksanakan secara serentak di 36 Satdik Polri, yang terdiri dari 31 SPN di seluruh Indonesia, Sepolwan, Pusdik Brimob, Sabhara, Binmas, dan Polair.
Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2021 di SPN Polda Sulut juga dihadiri oleh Wakapold Brigjen Pol Rudi Darmoko, sejumlah Pejabat Utama  Polda dan perwakilan Ibu Bhayangkari, dengan tetap menerapkan prorokol kesehatan pencegahan COVID-19.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024