Manado (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), melakukan tes cepat antigen kepada hampir 200 Kontak Erat Risiko Tinggi (KERT) dengan lima pelaku perjalanan dari Kota Tomohon.

"Untuk kasus di Talaud kami melakukan tracing kontak pelaku perjalanan sebanyak lima orang dari Kota Tomohon yang diskrining di pelabuhan," sebut Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Kepulauan Talaud, dr Kerry Dolfie Monangin di Manado, Jumat (23/7).

Lima pelaku perjalanan tersebut kemudian dites cepat antigen hasilnya positif, dari hampir 200 KERT yang dites cepat sebanyak 85 orang di antaranya hasilnya positif.

"Sebanyak 85 orang yang hasil tes cepat antigennya positif langsung diswab PCR," ujarnya.

Dokter Kerry menambahkan, selain pelaku perjalanan dari Tomohon, ada juga dua pelaku perjalanan dari Kota Manado yang bergejala dan kemudian dites antigen dengan hasil positif.

"Puskesmas melakukan tracking KERT sekitar 120 orang, dan hasilnya 53 orang positif setelah dites antigen, kemudian dilakukan swab PCR. Kami juga masih melakukan tracing pelaku perjalanan di wilayah yang lain," sebutnya.

Satgas Percepatan Penangananan COVID-19 Sulawesi Utara merilis penambahan kasus harian di Kabupaten Kepulauan Talaud pada Kamis (22/7) sebanyak 52 orang dari 367 kasus harian di Sulut.

Total saat ini, di kabupaten tersebut tercatat sebanyak 185 kasus terkonfirmasi positif COVID-19, 160 orang telah dinyatakan sembuh, kasus aktif sebanyak 19 orang dan meninggal enam orang.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024