Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo menggandeng Disnakertrans Sulut dalam mengembangkan kompeten tenaga kerja melalui kelas masak di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

"Kami selain memberikan bantuan pelatihan cooking class juga mengedukasi masyarakat agar mengurangi pemakaian gas dengan menggunakan kompor induksi," kata GM PLN Suluttenggo Leo Basuki, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan bantuan yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini berupa pelatihan cooking class serta perangkat masak elektronik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memasak dengan total sejumlah Rp94 juta.

Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan, Maria Gunawan mengatakan salah satu misi PLN tidak sekedar listrik hanya untuk penerangan saja lebih dari itu bisa menjadi pendorong kegiatan perekonomian terutama di masa pandemi.

“Salah satu kontribusi dan sebagai tanggung jawab sosial lingkungan kami yaitu dengan memberikan bantuan pelatihan dan peralatan masak elektronik. Melalui kegiatan ini juga kami berharap ada salah satu yang berbeda dari biasanya yang ibu-ibu lakukan yaitu memasak dengan menggunakan kompor induksi,” tutur Maria.

Pelatihan Cooking Class dengan total peserta 19 orang dan keseluruhannya menggunakan kompor induksi sebagai bagian dari kampanye Electrifying Lifestyle bagi masyarkat.

“Diharapkan bantuan PLN Peduli ini dapat terus berkelanjutan dan bisa membantu mendorong kegiatan industri kecil menengah bahkan rumah tangga pada masa pandemi ini sehingga bisa meningkatkan perekonomian bagi keluarga dan masyarakat sekitar,” ujar Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, W Gautama.

Pelatihan Cooking Class ini bertujuan untuk membangun talenta-talenta yang ada di tengah masyarakat, untuk kemudian mengembangkan usaha mikro kecil menengah sehingga dapat membantu perekonomian keluarga juga daerah.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PLN Suluttenggo dalam melaksanakan program tanggung jawab sosialnya, selain dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk peserta kegiatan pagi ini juga mendukung program pemerintah pusat dalam mengurangi konsumsi gas melalui penggunaan kompor induksi” ujar Kadisnakertrans Sulut Erny Tumundo.

Dalam pelatihan ini juga PLN Suluttenggo melakukan sosialisasi aplikasi PLN Mobile kepada seluruh peserta yang hadir sebagai salah satu solusi yang cepat dan nyaman dalam mengakses layanan listrik. 

Untuk kemudahan layanan listrik dimana saja dan kapan saja, pelanggan dapat mengaksesnya melalui Aplikasi PLN Mobile yang bisa di download di Play Store dan App Store. Nikmati Layanan PLN hanya dalam satu genggaman.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024