Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengimbau masyarakat  tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) ketika beraktivitas di luar rumah.

"Kami tetap mengimbau semua masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah agar terhindar dari penularan COVID-19," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Sabtu.

Menurut Bupati, penularan COVID-19 di saat ini sudah sangat mengkhawatirkan kondisi saat ini, karena hampir setiap hari kasusnya terus bertambah.

"Khusus bulan Juli ini sudah ada 162 warga masyarakat yang positif COVID-19, sehingga membuat ruang perawatan di rumah sakit sudah penuh," kata Bupati.

Kondisi ini kata Bupati, harus disikapi oleh semua masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan serta mengurangi kegiatan di luar rumah.

"Apabila tidak terlalu mendesak, sebaiknya kurangi keluar rumah serta patuhi dengan benar protokol kesehatan," kata Bupati.

Selain itu kata Bupati, kegiatan yang mengumpulkan orang banyak supaya ditunda dulu selama kondisi belum stabil.

"Kegiatan yang mengumpulkan orang banyak diharapkan di tunda untuk sementara sampai kondisi menjadi stabil," kata Bupati.

Bupati yakin bila semua masyarakat mematuhi protokol kesehatan, maka penyebaran COVID-19 di Sangihe bisa berkurang.

"Kepatuhan dari semua masyarakat sangat di butuhkan guna pengendalian penyebaran COVID-19," kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024