Sulut, Sangihe (ANTARA) - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Sangihe Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengatakan kasus positif COVID-19 kembali bertambah 20 sehingga menjadi 493 orang.

"Kasus positif COVID-19 bertambah 20 dan dicatat sebagai kasus ke-474 sampai dengan 493 terdiri dari 12 perempuan dan delapan laki-laki," kata Jopy Thungari di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, informasi penambahan 20 kasus diperoleh dari siaran pers Satgas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara.

"Kami baru menerima siaran pers dari Satgas COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara tentang penambahan 20 kasus positif COVID-19 yang tersebar di lima kecamatan dan sembilan kampung serta kelurahan," kata dia.

Pasien terbanyak berada di Kelurahan Dumuhung Tahun Timur sejumlah enam kasus kemudian Lesa dan Sawang Bendar masing-masing tiga kasus.

"20 orang pasien COVID-19 tersebut, saat ini sementara menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit umum daerah Liung Kendage Tahuna.

Sampai saat ini kata dia, kasus COVID-19 yang sudah sembuh sebanyak 363 orang (73,63 persen), meninggal dunia sembilan orang (1,82 persen) sedangkan yang menjalani isolasi sebanyak 121 orang (24,54 persen).

Dia mengatakan, Satgas penanggulangan COVID-19 Kabupaten Sangihe akan melakukan penelusuran terhadap kontak erat 20 pasien tersebut.

"Satgas akan melakukan pengambilan usap tenggorokan terhadap keluarga dan yang kontak erat dengan pasien," kata dia.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi anjuran pemerintah serta tidak mengabaikan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

"Kami mengajak warga yang ada di Kabupaten Sangihe agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19 yang saat ini terus menyebar di masyarakat," kata dia.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024