Manado (ANTARA) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -111  Kodam XIII Merdeka melalui Kodim 1311/ Morowali melaksanakan pembangunan jalan yang menghubungkan tiga desa di Menui Kepulauan, Morowali, Sulawesi Tengah.

Kapendam XIII Merdeka  Kolonel Kav M Jaelani, melalui keterangan tertulis, Senin, mengatakan pada pelaksanaan TMMD tersebut salah satunya adalah menargetkan pembangunan jalan sepanjang 8.500 meter dengan lebar sembilan meter.

"Jalan itu nantinya akan menghubungkan tiga desa masing-masing Desa Tanjung Harapan, Desa Tanjung Tiram dan Desa Tanona di Kecamatan Menui Kepulauan, Morowali," kata Jaelani.

Ia menambahkan selain itu akan dilaksanakan  pembangunan jembatan semi permanen di lima titik dan lima plat duiker.

Kapendam mengatakan dengan adanya pembangunan yang dilakukan Satgas TMMD ke-111 Kodim 1311/Morowali, diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian warga Menui Kepulauan.

Hasil-hasil pertanian, perkebunan masyarakat  dapat diangkut melintasi jalan penghubung. Selain itu dapat membuka peluang usaha wisata di Kecamatan Menui Kepulauan.

"Berharap pembangunan yang dilakukan Satgas TMMD ini dapat selesai seusai dengan waktu yang ditentukan sehingga warga dapat menikmati manfaat dari pembangunan tersebut.

"Diharapkan seluruh pembangunan yang dilakukan Satgas TMMD ini dapat selesai tepat waktu sehingga bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh warga di Kecamatan Menui Kepulauan,"katanya.

Selain kegiatan pembangunan fisik, kegiatan Non Fisik juga dilakukan Anggota Satgas TMMD ke-111 Kodim 1311/Morowali diantaranya penyuluhan bela negara atau penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan Posyandu dan Pos Bindu PTM, penyuluhan pertanian, penyuluhan pendidikan, penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan keagamaan.

Kemudian penyuluhan KB Kesehatan,  penyuluhan tentang bahaya terorisme dan radikalisme, Bakti sosial pembagian sembako gratis, penyuluhan tentang kegiatan PKK, penyuluhan tentang lingkungan hidup, penyuluhan tentang kehutanan, penyuluhan pelayanan publik dan kependudukan, penyuluhan pencegahan COVID -19 serta pelayanan kesehatan gratis .

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024