Manado (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Sam Ratulangi  Manado, melaksanakan simulasi penanganan huru hara dalam meningkatkan kemampuan personel satuan tersebut, di Manado, Kamis.

Dalam simulasi tersebut menceritakan warga merangsek masuk ke area terlarang tepatnya di jalan akses masuk ke Shelter Base Ops Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, Manado.

Sementara masyarakat bersahut-sahutan mendesak untuk masuk ke lingkungan militer  Shelter Base Ops Lanud Sam Ratulangi yang baru selesai dibangun.

Banyak diantara warga yang mengayun-ayunkan spanduk protes dengan suara keras penuh amarah karena warga tidak puas dengan pembebasan lahan mereka yang merupakan tanah garapan. Namun aksi tersebut dapat diatasi Pasukan Penindakan Huru Hara Lanud Sam Ratulangi.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Satriyo Utomo mengatakan latihan Pasukan Penindakan Huru Hara  ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Lanud Sam Ratulangi dalam menjaga aset negara yang dipercayakan kepada TNI AU dalam hal ini Shelter Base Ops Lanud Sam Ratulangi.

“Kegiatan hari ini adalah untuk meyakinkan bahwa Lanud tetap aman dari kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan. Hal ini juga harus tetap dilatih agar personel tetap siap menjaga pangkalan TNI Angkatan Udara”, katanya.

Lebih lanjut Lulusan AAU 1995 ini mengatakan bahwa setelahnya berhasil melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa Serbuan Vaksinasi berdasarkan telegram dari Panglima TNI Nomor TR/578/2021, selanjutnya mengasah kemampuan prajurit dalam pengamanan Pangkalan TNI Angkatan Udara.

"Kegiatan ini dilakukan secara rutin dalam meningkatkan kemampuan personel,"katanya.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024