Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bangunan pasar Trikora yang berada di pusat kota Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe segera dirombak dan dibangun kembali melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Rencana pembangunan disampaikan oleh Bupati Jabes Gaghana saat meninjau pasar tersebut sekaligus berbincang-bincang dengan para pedagang, Kamis.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Sangihe mendapat anggaran PEN sebanyak Rp200 miliar yang peruntukannya termasuk pembangunan kembali pasar Trikora.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindag Sangihe Vera Masora saat mendampingi Bupati Jabes Gaghana mengatakan, pasar Trikora akan dibangun tiga lantai dengan biaya dari PEN.

"Pasar Trikora Tahuna dibangun tiga lantai dengan biaya Rp34,7 miliar dan akan dikerjakan pada bulan Agustus 2021," kata dia.

Untuk sementara waktu, semua pedagang yang saat ini menempati pasar Trikora akan direlokasi ke depan Polsek Tahuna.

"Pemerintah kabupaten akan memindahkan semua pedagang yang ada di pasar Trikora ke depan Polsek Tahuna dan kompleks Pelabuhan Tua," kata dia.

Pemerintah kabupaten, kata dia, akan mengundang semua pedagang yang saat ini berjualan di pasar Trikora untuk dilakukan diberikan penjelasan rencana pembangunan pasar.

"Pak bupati mengundang semua pedagang pasar Trikora pada hari Selasa (13/7) untuk dilakukan sosialisasi rencana pembongkaran serta pembangunannya," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024