Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menghabiskan 600 dosis vaksin COVID-19 Biofarma dan AstraZeneca untuk diberikan kepada masyarakat desa pesisir dalam kegiatan "Serbuan Vaksinasi" masyarakat maritim yang digelar selama tiga hari di Kepulauan Talise, Likupang, Minahasa Utara.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, saat melakukan peninjauan jalannya proses vaksinasi menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Tedong Selar II-VIII-28, Rabu (30/6), mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan program pemerintah untuk memberikan satu juta vaksin sehari kepada masyarakat.

Selain di desa pesisir TNI AL, juga menyiapkan KAL Tedong Selar II-VIII-28, untuk menyasar para nelayan yang tidak sempat ke darat.

"Jadi kita menjemput bola menyiapkan kapal untuk nelayan yang sedang melaut dan lewat dekat kapal kita langsung arahkan untuk naik ke kapal selanjutnya divaksin," katanya.

Pada Serbuan Vaksinasi yang digelar Lantamal VIII selama tiga hari sejak tanggal 28 hingga 30 Juni 2021 di desa pesisir, pada hari pertama vaksinasi COVID-19 berlangsung di Desa Gangga Dua, berhasil memberikan vaksin kepada 120 orang.

Pada hari kedua berlangsung di Desa Kinabuhutan memberikan vaksin kepada 350 orang, dan pada hari ketiga berlangsung di Desa Airbanua dan Desa Wawunian memberikan vaksin kepada 130 orang.

Serbuan Vaksinasi melibatkan tenaga kesehatan dan vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII dan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara.
Serta sejak hari pertama pelaksanaan Serbuan Vaksinasi COVID-19 sampai hari terakhir, tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Lebih lanjut Danlantamal mengatakan selain di desa-desa pesisir, serbuan vaksinasi ini juga dilakukan di Pelabuhan Samudra Bitung, yang pelaksanaannya selama dua hari dengan target 2.000 dosis vaksin.

Danlantamal berharap dengan adanya serbuan vaksinasi ini akan mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat sehingga dapat memutus rantai penyebaran COVID-19.

Danlantamal juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Likupang Barat ini untuk tetap menjaga protokol kesehatan meskipun sudah vaksin.

Serbuan Vaksinasi masyarakat maritim tersebut dalam rangka membantu program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 sekaligus melaksanakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024