Manado (ANTARA) - Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Diskominfo Sulawesi Utara, Ivonne Kawatu mengatakan pemerintah provinsi berharap jurnalis mengedukasi masyarakat dengan menyebarluaskan secara luas capaian pembangunan daerah.

"Jurnalis melalui karya jurnalistiknya menjadi kanal menyampaikan kemajuan atau hasil-hasil pembangunan yang dicapai selama ini," sebut Ivonne di Manado, Selasa.

Menurut dia, progres kemajuan pembangunan yang boleh dicapai pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur, Olly Dondokambey-Steven Kandouw selayaknya diketahui seluruh warga Sulut.

Karena itu menurut Ivonne, karya jurnalistik yang dihasilkan hendaknya memenuhi etika jurnalistik yang tetap mengedepankan verifikasi.

Dia juga berharap, peran jurnalis sebagai pemberi informasi, edukasi juga tidak mengabaikan fungsinya sebagai kontrol sosial.

"Jurnalis menjadi garda terdepan menyampaikan informasi, sehingga informasi yang disampaikan harus benar-benar terpercaya agar masyarakat paham apa yang harus dilakukan," sebutnya.

Peran jurnalis ke depan, lanjut dia, masih dibutuhkan untuk menyebarluaskan pembangunan termasuk di dalamnya pencegahan meluasnya penyebaran COVID-19.

"Kami berharap jurnalis terus menjaga profesionalitas, menjaga integritas agar masyarakat mencermati berita dengan baik sehingga dapat dipahami dan dipercaya," ajaknya.***3***
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024