Tomohon (ANTARA) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Caroll JA Senduk mengajak kelompok tani menggunakan pupuk organik secara masif untuk meningkatkan
produksi.

"Selain ramah lingkungan, penggunaan pupuk organik juga dapat meningkatkan produksi pertanian yang diusahakan petani," ujar Wali Kota Caroll saat pengukuhan Koptan Ares dan Koptan Tower Kelurahan Woloan Dua, Kecamatan Tomohon Barat, Selasa.

Selain pemanfaatan pupuk organik dalam pengelolaan sektor pertanian, pemerintah kota telah memfasilitasi penyediaan alat pengelola tanah pertanian seperti traktor.

"Apabila ada yang ingin menggunakan alat tersebut silahkan hubungi unsur terkait untuk mengoperasionalkan alat tersebut," katanya.

Pertanian sebut dia, memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat karena menjadi sektor unggulan dan komoditas andalan dalam menunjang perekonomian di Provinsi Sulut dan daerah sekitarnya.

Karena itu, pengembangan sektor pertanian selalu menjadi prioritas dalam pembangunan. 

Hadirnya kelompok-kelompok tani ini, diharapkan akan turut berkontribusi langsung dalam mendukung laju pertumbuhan pembangunan di Kota Tomohon.

Sehingga ke depan, perekonomian terus maju dan semakin memperkokoh ketahanan dan kedaulatan pangan dalam masyarakat. 

"Semoga dengan pengukuhan kelompok tani ini, akan menggerakkan masyarakat gemar menanam dalam rangka meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan. Selain itu, memotivasi petani dan pengurus koptan untuk terus melakukan terobosan dalam meningkatkan usaha pertanian," harapnya.***3***

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024