Manado, (Antaranews) - Pelaksanaan shalat Idul Adha 1431 Hijriah warga Muhammadiyah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Selasa (16/11) 2010 akan dipusatkan di lapangan Mega Mall Manado.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan shalat Idul Adha keluarga besar Muhammadiyah Sulut akan digelar di Mega Mal,", kata salah seorang pengurus Muhammadiyah Sulut Drs Kalo Tahirun, di Manado, Minggu.

Selain di Mega Mal, kata dia, pelaksanaan ibadah shalat juga akan digelar di Kelurahan Tanjung dan Masjid Nurul Arkam Banjer Kota Manado.

Ketiga lokasi tersebut memang setiap tahunnya menjadi tempat pelaksanaan shalat bagi warga Muhammadiyah dalam hari-hari besar Islam.

Ormas Muhammadiyah memang menetapkan Idul Adha lebih awal dari pemerintah sesuai penetapan hilal 1 Dzulhijjah pada Minggu (7/11) di mana hilal sudah terlihat sehingga 10 Dzulhijjah atau Idul Adha 1431 Hijriyah jatuh pada Selasa, 16 November 2010.

Sedangkan Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama RI menetapkan Idul Adha 1431 Hijriyah atau 10 Dzulhijjah jatuh pada Rabu (17/11)  2010.

Penetapan tersebut ditetapkan dalam sidang itsbat awal Dzulhijjah 1431 Hijriyah di auditorium Kementerian Agama yang dihadiri organisasi masyarakat (Ormas) Islam.

"Namun perbedaan ini tidak perlu dibesar-besarkan. Karena sebelumnya tokoh-tokoh Muhammadiyah Sulut seperti Dr Taufik Pasiak, Anwar Sandiah dan Anwar Panawar meminta agar kita semua menghormati setia perbedaan karena ini bukan sekali terjadi," ujarnya

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024