Manado (ANTARA) - Kehadiran Ketua DPR RI, Puan Maharani bagi Sulawesi Utara sangatlah membanggakan, karena sekitar tiga hari berada di daerah ini. 

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw mendampinginya saat mengelilingi, meninjau secara langsung pulau-pulau kecil dan tempat destinasi lainnya serta berbagi. 

Pertemuan Ketua DPR RI bersama Gubernur dan Wagub dilaksanakan di ruang Mapalus Kantor Gubernur secara fisik dan zoom meeting Ketua DPR-RI, Puan Maharani (1)

Puan Maharani membuka dan menyapa undangan yang hadir di antaranya Ketua dan Pimpinan DPRD Sulut,  Forkopimda Sulut, Sepdaprov, Bupati/Wali Kota dan Wakil,  Ketua DPRD Kab/Kota dan Pejabat Tinggi Pratama.

Dia mengingatkan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) selain menjaga situasi kondusif di wilayah juga ikut membangun optimisme masyarakat Sulawesi Utara di tengah pandemi COVID-19.

"Sebagai forum (forkopimda, red.) memiliki peran yang sangat strategis dalam menciptakan iklim yang tenteram di tengah masyarakat," kata dia saat pertemuan dengan forkopimda dan kepala daerah di Manado, Senin. Gubernur Olly Dondokambey (1)

Membangun sinergi antara forkopimda dengan para pihak yang sudah dilakukan selama ini, kata dia, harus diperkuat.

Selain itu, diharapkan terus melakukan edukasi, sosialisasi bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan serta vaksinasi COVID-19.

Provinsi Sulut, lanjut dia, daerah nomor lima terbaik pertumbuhan ekonominya, setelah Papua, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perekonomian Papua, Maluku Utara, dan Sulawesi Tengah ditopang oleh pertambangannya, Daerah Istimewa Yogyakarta ditopang oleh konsumsi dari kegiatan mahasiswa/pelajar, sedangkan Sulut ditopang oleh hasil kebun, pertanian, dan laut. Ketua DPR-RI, Puan Maharani (tengah) didampingi Gubernur olly Dondokambey (kiri) dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (kanan) saat pertemuan dengan forkopimda di Sulut. (1) (1)

Provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu mendapat anggaran dari pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan pada 2021 senilai Rp10,8 triliun melalui program kementerian dan lembaga, serta Rp13,4 triliun melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey optimistis, sejumlah proyek strategis nasional yang akan dibangun dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pertumbuhan ekonomi Sulut sangat baik yakni 1,8 persen, sedangkan inflasi terkendali," ujar Gubernur Olly di Manado, Senin. Ketua DPR-RI, Puan Maharani (tengah) didampingi Gubernur olly Dondokambey (kiri) dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (kanan) saat pertemuan dengan forkopimda di Sulut. (1) (1)

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan ada sejumlah proyek strategis nasional yang akan dibangun di daerah ini.

Proyek strategis nasional itu, kata Gubernur, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Proyek strategis nasional tersebut yaitu pembangunan jembatan Bitung - Lembeh, Kawasan Industri Mongondow, pembangunan kawasan pulau Lembeh dan jalan tol Manado - Amurang.***Adv***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024