Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) melakukan sosialisasi manfaat program jamsos kepada masyarakat di wilayah perbatasan RI-Filipina di Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami menyampaikan manfaat jamsos ketenagakerjaan kepada perusahaan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang berbatasan dengan Filipina," kata Kepala BPJAMSOSTEK Manado, Mintje Wattu di Manado, Kamis.

Dia mengatakan maaih banyak perusahaan di daerah tersebut yang belum mendaftarkan karyawannya sehingga sosialisasi dan edukasi terus dilakukan.

Mintje memgatakan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, dan melakukan penegakan kepatuhan dan penegakan hukum terhadap badan usaha dalam rangka optimalisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dia berharap pimpinan perusahaan maupun jasa konstruksi bisa mengikutsertakan karyawannya.

Program jaminan BPJAMSOSTEK adalah Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

Dalam sosialisasi ini juga dilakukan penyerahan santunan kematian kepada ahli waris peserta BPJAMSOSTEK bagi perangkat kampung Desa Likuang Kecamatan Tabukan Utara, yang dibiayai oleh APBD Sangihe 2021.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024